Slideshow

Selasa, 03 April 2012

Pendidikan Di Amerika Serikat


Di Negara federal ini, sistem pendidikannya sudah bisa dikatakan baik yang menganut dsentalisasi melalui Negara-negara bagian atau states. Di Negara ini, pendidikan ditanggung oleh departemen pendidikan yang berkeddukan di Washington DC. Seperti halnya di Indonesia,  jenis sekolah disini ada dua yaitu negeri dan swasta. Beda dengan Indonesia, sekoah swasta boleh menggunakan sistem pendidikan yang berbeda dengan sekolah negeri. Contohnya Boarding school (sekolah asrama).
Usia wajib pendidikan sangat bervariasi. Antara usia 5 tahun hingga 8 tahun dan 14 tahun hngga 18 tahun. Tingkatan sekolah di Amerika ada tiga yaitu SD, sekolah menengah(SMP), dan sekolah tinggi, (yang disebut sekolah skunder) biasanya siswa berumur 14/15 tahun hingga 17/18 tahun, serta pendidikan menengah post yang lebih terkenal dengan nama kuliah.Rentang usia tepat dari siswa dalam tingkatan kelas lebih bervariasi dari daerah ke daerah lain.
Sama hal nya seperti di Indonesia, di Negara adi kuasa ini sekolah dasar terdapat enam tingkat kelas, mulai dari kelas1 sampai dengan kelas6. Dan di SMP terdapat tiga tingkat kelas, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Serta di SMA terdapat tia tingkat kelas, muai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12. Setelah itu mereka akan melanjutkan ke College atau Universitas.
Di negri Paman Sam ini, Perguruan Tinggi dibagi menjadi dua yaitu College dan University. Pada umumnya College menyelenggarakan program sarjana, sedang University mengadakan program sarjana dan pasca sarjana. Gelar pasca sarjana biasanya dibidang Arts (MA) atau Science (MSc). Sekarang gelar sarjana yang semakin popular adalah Masters in Business Administration (MBA). Program ini biasanya berlangsung selama satu hingga dua tahun. Bagi program tertentu, pengalaman dibidang riset dan dunia kerja sangat dibutuhkan untuk mengikuti program doctoral yang dapat berlangsung selama 4 hingga 5 tahun lamanya.
College dan Universitas adalah milik pemerintah atau swasta. College pemerintah disubsidi oleh pemerintah, sedangkan Colege swasta disubsidi oleh swasta itu sendiri dan biasanya lebih kecil dari pada College pemerintah.
Tidak semua Universitas menawarkan program doktor bagi pasca sarjana. Diantaranya hanya menawarkan hingga tingkat master saja. Program master juga dibagi menjadi 2 macam yaitu Master Terminal dan Master Berkelanjutan. Master terminal merupakan program untuk menyiapkan lulusannya untuk langsung masuk ke dunia kerja setelah menyelesaikan penddikannya. Sedangkan Master berkelanjutan merupakan program khusus untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat doktor.
Mahasiswa yang bergelar S1 bisa meneruskan pendidikan ke gelar S2 atau S3. Program Graduate di Amerika lebih fokus dibandingkan dengan program S1. Gelar fakultas kedokteran dan hukum hanya dapt diraih di S2, tentu saja dengan menyelesaikan pendidikan S1 terlebih dahulu. Dan Universitas menilai bahwa setiap mahasiswa sudah mengetahui dasar bidang S3 yang aan mereka pelajari. S3 mendalami ilmu lanjutan di tingkat yang lebih tinggi, mengikuti seminar, menulis skripsi dsb.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites