Slideshow

Senin, 02 April 2012

Pendidikan Di Korea Selatan


Di negeri Ginseng ini sistem pendidikan bisa dikatakan baik. Seperti halnya Indonesia, di Negara ini semua biaya sekolah selama 9 tahun ditanggung oleh pemerintah. Pendidikan anak usia dini sangat diperhatikan oleh pemerintah agar tercipta anak yang berprestasi, maka di Negara ini taman kanak-kanak dimulai saat usia 3 tahun hingga 6 tahun.
Taman kanak-kanak di negara sangatlah bagus baik negeri maupun swasta. Program dari pada TK tersebut adalah lebih banyak mengajarkan kemandirian, kreatifitas, dan bersosialisasi dengan dunia luar, serta mengajaran tentang perilaku untuk kehidupan sehari-hari.
Baik negri dan swasta pra sekolah memiliki program pendidikan yang sama, yaitu lebih banyak mengajarkan kemandirian, kreatifitas dan bersosialisasi dengan lingkungan. Mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari, BAB, ganti baju, sikat gigi… dan lain-lain..
Anak yang telah berusia 6 tahun terhitung 1 januari diperbolehkan masuk ke sekolah dasar,  Korea punya perhitungan tahun untuk kelahiran yaitu sejak bayi lahir akan dihitung 1 tahun usianya jadi untuk usia 6 tahun menurut kita orang Indonesia maka di korea adalah 7 tahun.
Pada tingkat sekolah dasar, ada dua jenis yaitu sekolah dasar pemerintah dan sekolah dasar swasta. Sama halnya dengan Indonesia, di negara ini terdapat enam tingkatan kelas yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Di tingkat menengah pertama atau SMP, setiap siswa diarahkan dan diperhatikan kehidupannya oleh wali kelas, dan setiap bidang study memiliki pengajar masing-masing. Para siswa menghabiskan waktunya di sekolah selama 6 jam per hari. Uniknya, setiap ada evaluasi pembelajaran hasil dari evaluasi tersebut akan langsung dikirim ke rumah masing-masing siswa.
Di tingkat menengah atas atau SMA, terdidi dari tiga bagian yaitu Sekolah Menengah Umum, Sekolah Menengah Ekonomi, dan Sekolah Menengah Khusus. Sekolah Menengah umum digunakan untuk para siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Sekolah Menengah Ekonomi digunakan untuk para siswa yang akan memasuki dunia kerja. Dan Sekolah Menengah Khusus digunakan untuk bidang science atau bahasa asing.
Di tingkat yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi, terbagi menjadi dua masa pendidikan yaitu 4tahun dan 2 tahun. Di negara ini Universitas dibagi menjadi 3 bagian yaitu Universitas Umum, Universitas Kejuruan, dan Universitas Khusus. Di sini sistem dan gelar yang diberikan kepada mahasiswa, sama dengan Universitas di negara Indonesia yaitu Pendidikan tinggi/akademik (yunior colleg) atau universitas program S1 (senior colleg) pada grade 13-16, selanjutnya ke program pasca sarjana (guarduate school) dengan gelar master atau doktor.
Di negara ini pernah terjadi reformasi kurikulum dalam dunia pendidikan pada tahun 1970an dengan menggabungkan sistem pembelajaran teknik dalam ruang kelas dan pemanfaatan ilmu teknologi. Bahkan di tingkat sekolah menengah ditiadakan proses saringan masuk sekolah, hal itu dikarenakan adanya kebijakan walikota darah khusus atau gubernur, ke sekolah menengah di daerahnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites