Slideshow

Minggu, 01 April 2012

Pendidikan Di Finlandia


Di Negara yang beribu kota Helsinki ini, pendidikan sudah dapat dikatakan cukup baik. Dan selalu menduduki peringkat teratas didunia, meski jam sekolah di Eropa lebih sinkat dibandingkn dengan Negara lain. Hal ini dilakukan dari beberapa penilaian oleh beberapa ahli. Salah satunya penilaian yang dilakukan oleh Kepala Departemen Pendidikan Guru di Universitas Helsinki, Profesor Jari Lavonen yang menjelaskan alasan kehebatan Finlandia dalam pendidikan. “Kami memutuskan semua guru harus memiliki gelar master. Ini
menempatkan kedudukan profesi mengajar sama dengan profesi di bidang hukum dan kedokteran,” kata Prof. Jari Lavonen pada hari Kamis (26/5/2011).
Selain itu, kemudahan yang didapat jika menuntut ilmu di Finlandia adalah biaya pendidikan gratis. Sekolah swasta pun menerima dana yang diberikan oleh pemerintah. Para siswa di Finlandia tidak menggunakan seragam sekolah. Bahkan, Kepala sekolah mengenakan celana jeans dan kemeja santai. Para guru di Finlandia tidak diberi target untuk mencerdaskan seluruh muridnya. Mereka tidak takut adanya penilaian sekolah dalam ujian nasional. Mereka dipercaya untuk menilai muridnya masing-masing.
Di sana pun jumlah siswa sangat minim dalam satu kelas. Pada dua tahun pertama sekolah, setiap kelas hanya menampung 20 orang saja. Tentu saja para guru tidak kesulitan untuk mengatur siswa yang jumlahnya seperti itu.Jika Kepala sekolah berkunjung ke kelas untuk memeriksa kualitas seorang guru, ini bukanlah suatu kepanikan oleh guru tersebut. Hubungan yang terjalin antara Kepala sekolah dengan guru sangatlah baik seperti pelatih dan murid
Negara ini menggunakan filsafat pendidikan yang menyatakan setiap orang punya sesuatu untuk di sumbangkan dan mereka yang berhambtan dengan bidang studi tertentu semestinya tidak ditinggalkan. Suatu teknik pembelajaran yang cukup jitu dilakukan oleh pemerintah Finlandia. Salah satunya adanya guru bantu yang ditugasi untuk membantu mereka yang kesulitan dalam bidang studi tertentu.
Anak-anak di Finlandia memiliki jam belajar paling singkat dibandingkan  Negara-negara maju dibelahan dunia, Menurut OECD. Di Finlandia sekolah dasar dan sekolah menengah petama disatukan, jadi para siswa tidak perlu berganti sekolah pada usia 13 tahun. Hal ini sangat memudahkan tugas guru, karena sudah kenal cukup lama dengan peserta didik atau siswa.
Selain para guru, keberhasilan sara sisw juga ditentukan oleh orang tua mereka, orang tua sangat berperan penting bagi siwa untuk membekali anak dengan ilmu yang bermanfaat dan juga menambah atau mempertebal mental anak agar tidak malu saat bersekolah maupun bersosialisasi dengan orang lain. Kesuksesan pendidikan di Finlandia juga ditunjang oleh budaya. Anak-anak belajar dengan suasana yang menyenangkan, santai, serta informal.
Kesuksesan system pendidikan di Finlandia ditopang gagasan less can be more atau sedikit bisa jadi banyak. Pemerintah Finlandia selalu menekankan pihak sekolah agar tercipta sekolah yang santai dan jauh dari sandiwara dunia politik.
Keberhasilan Finlandia di dunia pendidikan tidak lepas dari pendidikan anak usia dini maupun sejak balita. Setiap bayi yang lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang isinya tiga buku bacaan untuk ayah, ibu, dan untuk bayi itu sendiri. Finlandia lebih banyak menerbitkan buku anak-anak dibandingkan dengan Negara lain. Serta stasiun TV menyiarkan program berbahasa asing dengan terjemahan dalam bahasa Finish, sehingga anak-anak erring membaca sambil menonton televisi.
Kegiatan belajar mengajar disekolah pun berlangsung secara rileks atau tidak tegang. Belajar aktif diterapkan oleh guru yang tamatan S2, sehingga di Finlandia orang merasa lebih terhormat jadi guru dibandingkan dokter ataupun insinyur. Di sini sekolah Negeri maupun Swasta  mendapatkan dana yang sama besar dari pemerintah.
Di Negara ini, setiap anak diwajibkan mempelajari bahasa inggris serta harus membaca minimal satu buku setiap minggu. Selama proses pendidikan masih berlangsung, para guru harus mendampingi setiap peserta didiknya. Seluruh fasilitas, sarana, dan prasarana sekolah serta transportasi dibiayai oleh Negara. Maka jangan heran bila Finlandia adalah Negara terbaik dalam dunia pendidikan.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites